International Scholarships

Tuesday, March 20, 2007

Beasiswa Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa dari WWF Indonesia

Program Konservasi Spesies WWF-Indonesia berinisiatif mengundang mahasiswa/i sarjana (S1) dan pasca-sarjana tingkat akhir yang sedang atau akan menyelesaikan Tugas Akhir (skripsi/thesis/disertasi) untuk melaksanakan studi terkait pelestarian harimau Sumatera Studi yang dilakukan akan mengidentifikasi aspek-aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam usaha pelestarian harimau Sumatera dan habitatnya sebagai bahan rekomendasi untuk pengelolaan yang lebih baik.

Tema umum dari studi ini adalah Melestarikan Harimau Sumatera dengan Pemahaman Masalahnya.

Tema meliputi :
1. Bio-ekologi harimau Sumatera dan mangsanya, meliputi aspek populasi dan habitat
2. Mitigasi konflik manusia dan harimau: status dan penanganannya
3. Aspek-aspek sosial, ekonomi dan budaya terkait harimau Sumatera
4. Hukum menyangkut pelestarian harimau Sumatera (termasuk aspek perburuan dan perdagangan illegal serta upaya pencegahannya, pelestarian habitat, dan sebagainya)
5. Kebijakan pemerintah dalam upaya konservasi harimau Sumatera
6. Peran berbagai pihak dalam pelestarian harimau Sumatera

Kategori Beasiswa

Kategori besarnya nilai beasiswa akan ditentukan berdasarkan kebutuhan dana yang terkait dengan tujuan, metode dan durasi penelitian yang diajukan oleh setiap pelamar, serta ketersediaan dana. WWF Indonesia akan mengutamakan pelamar yang memiliki sumber dana pendamping. Bagi pelamar yang berhasil, WWF Indonesia -Program Riau menyediakan dana hibah antara Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) hingga Rp. 15.000.000 (limabelas juta rupiah). Pembayaran akan dilakukan dalam beberapa tahap, dengan pembayaran terakhir diberikan setelah WWF menerima salinan berkas Tugas Akhir sesuai dengan proposal yang disampaikan.

Sebagai bahan kelengkapan dan pertimbangan, WWF Indonesia memerlukan beberapa persyaratan (dokumen) berupa:

1. Proposal singkat (max. 6 halaman kwarto) mencakup: Judul, latar-belakang, tujuan, metode yang akan digunakan, dan hasil yang diharapkan. (Penilaian akan ditekankan pada perumusan tujuan dan kejelasan metode.)
2. Rincian kebutuhan biaya dan jadwal rencana kerja (meliputi waktu pengumpulan data, analisa data, penulisan, dan seminar hasil)
3. CV pelamar, lengkap dengan alamat kontak
4. Surat referensi atau dukungan dari Jurusan/Fakultas tempat mahasiswa menempuh studi
5. Surat dukungan dari dosen pembimbing tugas akhir yang menyatakan kesediaannya untuk membimbing mahasiswa bersangkutan melakukan penelitian dan penulisan tugas akhirnya sesuai dengan proposal yang dikirimkan.
Bagi pelamar yang berminat dapat mengirimkan dokumen yang dimaksud (lebih disukai dalam format elektronik) ke alamat:

WWF Indonesia-Riau Program

(U.P. Panitia Seleksi Beasiswa Harimau)
Komplek Perkantoran Grand Sudirman Blok B-1
Jl. Datuk Setia Maharaja Pekanbaru, Riau 28282, Indonesia
Email: yasalsa@yahoo.com, sabdo2907@yahoo.com
Telepon : (0761) 855006, Fax : (0761) 35323
Dokumen persyaratan diterima paling lambat 15 April 2007
Hanya pelamar yang memenuhi syarat dan berhasil yang akan dihubungi.Keputusan panitia seleksi adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa dari WWF Indonesia, dapat membuka halaman ini

No comments: