International Scholarships

Tuesday, November 6, 2007

Meraih Beasiswa Erasmus Mundus 2008

Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar di Indonesia, mungkin nama Erasmus Mundus scholarship bukanlah lagi sebuah nama asing. Selama setahun kemarin, perwakilan European Union untuk Asia Tenggara, khususnya Indonesia telah aktif menyebarkan informasi tentang beasiswa Erasmus Mundus melalui koran maupun seminar-seminar sekolah di luar negeri.

Mungkin proses yang tidak 'umum' dan investasi awal yang 'cukup' besar untuk melamar beasiswa ini lah yang menjadi kendala kenapa sampai saat ini peminat dari Indonesia belum menunjukan peningkatan jumlah yang signifikan. Padahal kalo dilihat dari Jumlah quota yang disediakan khusus untuk mahasiswa dari Asia tenggara, khususnya indonesia, kita masih sangat ketinggalan jauh dibanding India dan Cina yang mampu mengirimkan hampir 100 orang pertahunnya.

Ada beberapa hal yang saya amati menjadi kendala bagi mahasiswa Indonesia khususnya:

1. Beasiswa Erasmus Mundus bukan merupakan beasiswa terpusat, artinya proses aplikasi tidak diurus oleh lembaga khusus seperti ADS atau STUNED yang memiliki perwakilan di Jakarta.

2. Proses aplikasi harus langsung ke Konsorsium Universitas di Eropa dimana beasiswa Erasmus Mundus ditawarkan.

3. Syarat dari proses apliaksi ke Universitas yang kadang cukup rumit dan memakan energi.

4. Investasi di awal berupa pengiriman dokumen yang cukup mahal (dengan DHL ato DHL)

Namun, kalo kita lihat keuntunganan dan kita coba kalkulasi kesempatan dari beasiswa ini, maka saya yakin anda akan sangat terkejut dan merasa bahwa kendala di atas tidaklah berarti.

1. TIDAK ada proses wawancara, artinya screening seluruhnya dilakukan lewat dokumen yang anda kirimkan ke konsorsium Universitas dimana Program Master Erasmus Mundus ini ditawarkan.

2. TIDAK diperlukan aplikasi double ke pemberi beasiswa (dalam hal ini European Union) karena saat anda mengisi formulir aplikasi untuk pendaftaran ke Universitas, anda tinggal mencontreng pilihan, 'apakah anda juga akan apply beasiswa erasmus mundus untuk program ini?'

3. Jika anda diterima di Universitas tersebut, maka KESEMPATAN anda untuk mendapatkan beasiswa erasmus mundus untuk program tersebut, sangatlah BESAR! Tinggal bersabar menunggu informasi dari koordinator program Erasmus Mundus tempat anda mendaftar, karena universitas yang akan mengajukan nama anda ke European Union untuk mendapatkan beasiswa, jika European Union setuju, maka anda sudah dipastikan anda mendapat beasiswa tersebut.

4. Ada quota untuk orang Indonesia sebagai bentuk pemerataan beasiswa Erasmus Mundus, sepengatahuan penulis, untuk 1 program Erasmus Mundus, minimal 1 orang Indonesia bisa diterima, untuk kasus tertentu ketika kualifikasi si pelamar memuaskan, maka dari Indonesia sendiri bisa langsung 2 orang atau lebih diterima untuk program yang sama.

5. Kesempatan untuk beajar di lebih dari 1 universitas dan lebih dari 1 negara eropa selama masa perkuliahan. Penerima beasiswa erasmus mundus diwajibkan untuk mengambil beberapa mata kuliah tertentu atau tinggal minimal 1 semester di universitas lain yang masuk dalam konsorsium program erasmus mundus tersebut. Umumnya universitas ini berlokasi di negara lain di Eropa. Artinya anda berkesempatan jalan-jalan sekaligus menikmati kehidupan di berbagai negara eropa yang berbeda-beda tergantung dari lokasi partner university.

Karena proses aplikasi lebih kearah paper based maka anda harus mempersiapkan sebaik mungkin beberapa hal sebagai berikut:

- Form aplikasi diisi dengan selengkap-lengkapnya dan sebaik-baiknya
- Buatlah Motivation Letter atau Statement of Purpose
- Gunakan CV standard europa (bisa diperoleh di http://europass.cedefop.europa.eu/europass/preview.action?locale_id=1)
- Lampirkan seluruh dokumen pendukung dengan lengkap.

Anda tidak harus memiliki International TOEFL atau IELTS pada saat mendaftar, bisa disiasati pengiriman International TOEFL atau IELTS dilakukan setelah anda diterima di Universitas dengan kondisi khusus (conditional acceptance). INGAT : Anda diterima di universitas, maka kesempatan anda dapat beasiswa Erasmus Mundus sangatlah besar.

Beberapa temen-teman mensiasti dengan mengambil test Intl. TOEFL atau IELTS setelah ada kepastian dari koordinator kalo mereka dapat beasiswa Erasmus Mundus. Namun sebisa mungkin lengkapi dokumen ini pada saat awal anda mengirimkan aplikasi.

Proses aplikasi untuk Beasiswa Erasmus Mundus 2008 dibuka dari November 2007 - Februari 2008, tergantung dari program yang ditawarkan. Bahasa pengantar utama yang digunakan umumnya adalah bahasa Inggris, selama anda menempuh pendidikan, nanti akan ada kursus bahasa negara lokal dimana anda mesti mengambil program erasmus mundus tersebut untuk memudahkan proses adaptasi.

Informasi detail tentang beasiswa erasmus mundus 2008 bisa dilihat di
http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/index_en.html

Jika ada pertanyaan yang lebih spesifik, anda bisa bergabung di milis
Erasmus Mundus Indonesia (indoem@yahoogroups.co.uk) atau web
http://indoem.info/

Jadi..? persiapkan diri anda sekarang juga untuk meraih beasiswa erasmus mundus 2008! ssst.. sedikit bocoran, 'nominal' beasiswa erasmus mundus ini ternyata salah satu yang paling 'gede' lho di dunia... :D

Fahmi Mubarok
Joint European Master in Material Science (EMMS)
Technische Universität Hamburg-Harburg (TUHH) Germany -
Universitate of Aveiro (UA) Portugal

No comments: